Jumat, 04 Oktober 2013

Kata-kata yang sering di gunakan dalam membuat makalah/skripsi



Kata-kata yang sering di gunakan
dalam membuat makalah/skripsi


Pengertian makalah/skripsi :
       Makalah merupakan sebuah laporan tertulis yang dikerjakan untuk sebuah gambaran dari hasil penelitian yang sedang dikerjakan. Makalah pada umumnya dikerjakan oleh siswa atau mahasiswa untuk menciptakan sebuah karya ilmiah dalam bentuk tulisan, namun makalah berbeda dengan proposal. Sedangkan Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studinya.
1. Format contoh makalah
a.       Bagian Pembuka Makalah
Yaitu berisi tentang salam pembuka dari penulis makalah
b.      Halaman judul.
Halaman judul pada karya tulis ilmiah adalah halaman yang sama isinya dengan sampul. Ada empat bagian yang tertulis pada keduanya, yaitu:
1. judul karya tulis
2. maksud penulisan
3. nama penulis
4. nama lembaga dan tahun pembuatan.
       Judul karya tulis ditulis pada seperempat halaman bagian paling atas, maksud penulisan ditulis pada seperempat halaman bagian kedua dari atas, nama penulis ditulis pada seperempat halaman bagian ketiga dari atas, dan nama lembaga ditulis pada seperempat halaman bagian paling bawah.


c.       Halaman pengesahan.
       Lembar pengesahan proposal skripsi berisi tanda tangan dan nama lengkap beserta gelar dari judul skripsi, pembuat, pembimbing dan penguji. Siapa saja yang berhak dicantumkan namanya sebagai orang yang mengesahkan makalah tersebut. Umumnya, yang terlibat dalam lembar pengesahan yaitu si pembuat makalah sendiri, Pimpinan, Kepala Sekolah, dan Guru Pembimbing.
d.      Kata pengantar.
       Kata pengantar merupakan bagian dari makalah, skripsi, maupun karya ilmiah yang lainnya. kata pengantar adalah mukaddimah dari sebuah makalah, Kata pengantar makalah yang baik yaitu kata pengantar yang mencakup isi dari keseluruhan makalahnya.  Yang membahas apa  yang  sebenarnya dibahas pada makalah.
       Di dalam kata pengantar kita bisa menuliskan ucapan terimakasih kepada siapa saya yang pernah terlibat dalam pembuatan makalah, saya berikan contoh. Terimakasih kepada Tuhan  yang  telah memberikan kesehatan selama proses pembuatan makalah ini. Kata  Pengantar   berisi  tentang  rasa syukur,  judul makalah, permohonan maaf  dan  permintaan saran.
e.       Daftar isi.
       Daftar Isi selalu tidak pernah lepas dari pembuatan makalah. Mau tidak mau di dalam sebuah makalah haruslah terdapat daftar isi yang merupakan tulang punggung suatu makalah tersebut. Merupakan daftar atau halaman yang ingin dibahas termasuk penomoran halaman pada makalah yang ingin dibuat. Tentunya pembuatan daftar isi ini juga harus sesuai dan dengan urutan yang sistematis.
2. Bagian Isi Makalah
1.      Pendahuluan
Pendahuluan makalah adalah ulasan penjelasan dari makalah yang menerangkan bagian-bagian dari isi makalah, misalnya latar belakang pembuatan makalah, rumusan masalah dan tujuan penulisan.

2.      Latar belakang masalah.
Dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman pada pembaca atau  juga pada pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan. Latar belakang yang benar harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung. 
3.      Rumusan masalah.
Kalimat tanya yang tegas dan jelas mengenai apa pemecahan masalah yang di cari dalam penelitian tersebut supaya menambah ketajaman masalah
4.      Tujuan penelitian.
Tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang diperolah setelah penelitian penelitian selesai, sesuatu yang  akan dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan.
5.      Manfaat penelitian. 
Setiap hasil penelitian pada prinsipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan manfaat bagi peneliti sendiri.
3. Tinjauan Teori
1.      Pembahasan teori
            Seperangkat kontruksi (Konsep), definisi dan proposisi yang berfungsi untuk melihat fenomena secara sistematika melalui spesifikasi hubungan antar fariabel, sehingga dapat berguna untuk menjalankan dan meramalkan fenomena. Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuanmenjelaskan konstelasi hubungan antar variabel yang akan diteliti. Kerangka pemikiran merupakan suatu bentuk Proses dari keseluruhan dari proses penelitian dimana Kerangka pemikiran harus menerangkan:
1.  Mengapa penelitian dilakukan.
2. Bagaimana proses penelitian dilakukan.
3. Untuk apa hasil penelitian diperoleh.
2.   Pengajuan hipotesis 
Dari arti katanya, hipotesis memang dari dua penggalan kata. Kata “Hypo” yang artinya “DI BAWAH” dan “THESA” yang artinya “KEBENARAN” jadi Hipotesis merupakan jawaban Research Question yang diajukan, kemudian cara menulisnya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia menjadi hipotesa, dan berkembang menjadi hipotesis.
4. Metodologi Penelitian
1.      Waktu dan tempat penelitian.
Menjelaskan waktu serta rempat penelitian tersebut
2.      Metode dan rancangan penelitian.
Cara atau jalan dalam membuat makalah serta pembuatan rancangan tulisan terlebih dahulu
3.      Populasi dan sampel.
Keadaan penenitian yang di tuju sedangkan sampel contoh bahan dari penelitian tersebut
4.      Instrumen penelitian.
Aturan, pengarahan,intruksi yang di lakukan dari orang lain/ pembimbing
5.      Pengumpulan data dan analisis data. 
Pengumpulan seluruh data-data dalam hal obyektifnya suatu makalah guna untuk membantu agar pembaca mengetahui penelitian tersebut benar adanya.

5. Kesimpulan dan Saran
1.      Simpulan
Bagian terakhir dari sebuah makalah, merupakan ringkasan dari semua isi pembahasan makalah.
2.      Saran
Berisi saran-saran yang sekiranya perlu di sampaikan oleh penulis  kepada pihak-pihak yang terkait.
6. Bagian Penunjang
3.      Daftar pustaka.
Bagian akhir dari makalah yang menyajikan sumber-sumber penulisan makalah tersebut. Dalam daftar pustaka ini akan diterangkan darimana seseorang mendapat bahan untuk melengkapi materi makalahnya. Daftar pustaka sebaiknya ditulis dengan detail dan terperinci agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar